Kereta Gantung untuk Bandung?

Kereta Gantung: mengurai kemacetan atau sekadar bisnis wisata?

Ada satu ide baru yang d ikeluarkan Pemerintah Kota (pemkot) Bandung untuk mengurai kemacetan kota Bandung, yaitu pengadaan kereta gantung. Alasan yang dikeluarkan cukup masuk akal, topografi Bandung yang berbukit dan berlembah cocok untuk dilalui keret a gantung. Hitung-hitung, selain untuk moda transportasi, bisa sekalian sebagai sarana wisata baru.

Menurut Kepala Bappeda Kota Bandung, Taufik Rahman, seperti dikutip Tribun Jabar, ada beberapa keunggulan dengan memakai moda transportasi ini, yaitu  ramah lingkungan, tidak bising dan tidak mengeluarkan emisi gas buang. Dan yang pasti pembangunannya tidak bakal menggunakan   dana APBD karena menggandeng investor. Investornya pun sudah ada, yaitu  PT Aditya Dharmaputra Persada.

Menurut Sandjaya Susilo, Presdir Aditya, konsep kereta gantung itu akan seperti “park and ride” dengan mengambil tiga titik yaitu  Kampus Maranatha, Jalan Surya Sumantri, Mall Parisj Van Java Jalan Sukajadi,  dan di kawasan Sabuga Jalan T amansari.

Park and Ride! Di kepala saya yang langsung terbayang, ini proyek utamanya bukan untuk pertama-tama untuk mengurai kemacetan, tapi lebih kepada aspek bisnis wisata! Terlebih ketika saya coba telusuri via google, kereta gantung ini hanya bisa memuat sedikit penumpang, tidak lebih dari sepuluh orang.

Hal lain, yang menurut saya kurang masuk akal adalah, titik pemberangkatannya yang menyasar tempat-tempat yang sudah padat penduduk.  Pemandangan kota Bandung akan disesaki kabel-kabel berjajar.  Sepanjang yang bisa saya telusuri, kereta gantung pada umumnya digunakan di daerah pebukitan yang kepadatan penduduknya masih jarang. Atau seperti di kota Medellin, Kolombia, dipakai untuk mengangkut penduduk dari pegunungan ke kota, bukan untuk dalam kota.

Satu hal sederhana yang harus dipikirkan adalah: bagaimana bila kabel-kabel tersebut digantungi oleh layang-layang putus? Ingat, masyarakat Kota Bandung senang bermain layang-layang loh!***

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.