Becoming A Volunteer Editor

source: smiledaily.org
Sebagai sebuah portal panduan kota yang baru tumbuh, kami tidak bisa menutup mata kalau lokalaku.com membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, khususnya para netter yang memiliki minat untuk menuliskan dan berbagi pengalaman terhadap segala sesuatu yang ada dan terjadi di sekitarnya.

Karena itulah pada kesempatan kali ini kami membuka diri bagi para netter yang bersedia menjadi volunteer editor. Ada dua posisi yang kami tawarkan, yaitu Content Editor dan Photography Editor. Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi klik di sini. Kami akan dengan sangat senang hati mendapat bantuan dari Anda.

Mengapa Lokalaku.com

“Ya begitulah.” Kata seorang teman sembari tertawa ketika saya meminta dia memberi komentar tentang lokalaku.com.  Ketika dicecar lebih jauh, dia pun menjelaskan kalau menurutnya lokalaku.com belum jelas arahnya. Sementara di luar sana sudah banyak bertebaran online city guide, baik yang fokus ke jasa tertentu, seperti kuliner, atau yang lebih sebagai direktori bisnis secara luas.  Ada nada pesimisme yang menyeruak. Pesimisme yang bukan tanpa dasar tentunya,.

Lokalaku.com memang hadir dengan sebuah kesadaran bahwa kami bukanlah yang pertama dan bisa jadi bukan juga yang terakhir.  Apa yang membuat kami berani untuk tampil adalah karena lokalaku.com datang dengan layanan informasi yang berbeda.

Di versi beta yang ada di hadapan pembaca sekarang, perbedaan itu akan segera terlihat. Setiap tempat yang kami informasikan di sini, selalu dilengkapi dengan nama dan alamat lengkap yang jelas disertai foto-foto pendukung.  Kami juga selalu menuliskan sekilas info tentang tempat tersebut. Dua hal terakhir inilah yang kerap tidak kita jumpai di online cityguide di negeri ini.

Kami menyadari dengan kebijakan kelengkapan informasi ini, jumlah tempat yang bakal ada di lokalaku.com tidak akan sebesar situs web lain. Tapi kami percaya, kualitas adalah di atas segalanya. Kami tidak mau mensia-siakan waktu berharga pengakses hanya dengan info ala kadarnya.

Di sisi lain dengan adanya foto dan sekilas info tersebut, kami berharap para pembaca akan tergerak untuk menambahkan informasi kritis di ruang “user review” yang kami sediakan. Karena  bagaimana pun,  pembacalah pengadil terbaik tentang suatu tempat, bukan kami atau pemilik tempat itu sendiri.

Versi beta yang ada sekarang masih jauh dari portal panduan kota yang ada dalam bayangan kami. Masih sepuluh persennya. Ke depannya, kami akan memberikan fitur-fitur menarik , yang membuat waktu berselancar para pembaca akan sangat berarti, terutama untuk ruang saling berbagi informasi.***

 

 

 

 

 

Lokalaku: Portal Panduan Kota Berbasis Komunitas

Lokalaku. Inilah nama yang kami berikan buat website ini. Nama yang tentunya tidak akan bisa ditemukan di kamus. Tapi sebenarnya bisa dirujuk kepada kata dasar “loka” dan laku”. Loka secara etimologis berasa dari bahasa Sanskerta, yang memiliki dua pengertian yaitu melihat dan tempat. Sementara laku bisa berarti perbuatan atau tindakan. Dengan nama ini kami bermaksud menghadirkan sebuah portal panduan kota (city guide) yang berisikan informasi tempat-tempat di kota-kota besar di tanah air. Diharapkan dengan informasi ini, pembaca akan memiliki referensi yang memadai.

Di pihak lain, lokalaku juga bisa diambil dari dua kata dasar “lokal” dan “aku”. Pada tataran ini kami berharap informasi yang ada di website ini sebagian besar akan berasal dari komunitas, dari pembaca sendiri. “Aku” akan lebih berperan dari pada redaksi lokalaku itu sendiri untuk memberi informasi mengenai tempat-tempat di lokal daerahnya. Informasi seputar lokal Jakarta, misalnya, akan berasal dari komunitas Jakarta, yang tahu persis tentang tempat-tempat yang ada di Jakarta.

Akhir kata, lokalaku hanyalah sebuah media. Peran serta pembaca budiman seluruhnya yang akan membuat media ini berdaya guna untuk semua komunitas dunia maya. Wassalam!